Sakit Leher Sebelah Kanan Mungkinkah Saraf Kejepit?

Sakit Leher Sebelah Kanan Mungkinkah Saraf Kejepit?

Sakit leher sebelah kanan kadangkala membuat tak nyaman apalagi Anda termasuk individu dengan mobilitas yang cukup tinggi.

Sakit leher sebelah kanan merupakan nyeri atau rasa sakit akibat kompleksnya interaksi antara struktur penyusun area leher misalnya otot, sendi, dan ligament.

Selain itu sakit leher sebelah kanan juga dapat terpicu oleh beberapa faktor yang berkaitan dengan kontraksi otot, kebiasaan tidur, posisi kerja, stres, kelelahan otot, adaptasi postur tubuh akibat nyeri area lain, seperti bahu, sendi temporomandibular; serta adanya perubahan degeneratif pada sendi dan bantalan tulang (diskus) tulang leher (servikal).

Leher dan Strukturnya

Leher memiliki struktur yang saling terkait, yaitu tulang, sendi, saraf, otot, tendon dan ligament, yang memiliki tugas utama adalah menopang berat kepala. Tugas ini tidak mudah apalagi juga harus menjaga kepala bisa bergerak ke segala arah secara bersamaan.

Struktur fisik utama pada leher adalah tujuh tulang belakang atau vertebra servikal, dari C1 hingga C7. C1, juga dikenal sebagai tulang atlas, adalah yang paling dekat dengan kepala. Lalu C2 sebagai sumbu. Setiap vertebra atau tulang leher terhubung satu sama lainnya oleh sendi facet, dan di antaranya terdapat bantalan tulang (diskus) yang bertindak sebagai peredam kejut atau shock absorber.

Sakit Leher Kanan Penyebabnya Apa?

Mengingat kompleksnya struktur tulang leher, penyebab sakit leher sebelah kanan ini juga beragam, antara lain:

  • Ketidaknormalan pada struktur tulang atau sendi

  • Cedera

  • Postur tubuh yang kurang baik saat bekerja dalam waktu yang lama

  • Penyakit degeneratif

  • Tumor atau infeksi

  • Ketegangan atau kaku otot

Posisi tidur yang kurang baik dapat menyebabkan saat Anda bangun dengan rasa kaku dan nyeri pada bahu, punggung/pinggang, atau leher. Posisi tidur yang sering menyebabkan sakit leher sebelah kanan ini misalnya banyaknya bantal saat tidur, kasur yang terlalu lunak. Tertidur tanpa penyangga kepala atau leher yang menyebabkan tulang tidak sejajar juga dapat berpotensi menyebabkan Anda bangun dengan sakit pada leher.

Berikut ini ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sakit leher sebelah kanan.

  • Whiplash injury atau cedera lecut, yang terjadi saat kepala bergerak mendadak ke salah satu arah (ke belakang, ke depan, dan ke samping). Biasanya kecelakaan kendaraan bermotor akibat mobil ditabrak secara kencang dari belakang. Cedera ini dapat mencederai otot leher dan meregang bahkan merobek ligament. Cedera ini biasanya memburuk dengan gerakan dan kejang otot, sakit kepala, nyeri pada saraf dan bahu menyertai sakit pada leher.

  • Ketegangan otot akibat penggunaan otot leher secara berlebihan, misalnya posisi leher yang buruk saat menggunakan handphon, mengetik di depan komputer. Gerakan leher pun menjadi terbatas.

  • Bila leher mengalami cedera dapat juga mencederai pleksus brakialis misalnya akibat benda tumpul, cedera akibat olahraga atau kecelakaan mobil. Cedera pleksus ini menyebabkan sakit pada leher.

  • Menyempitnya rongga tulang leher akibat proses degeneratif atau proses alami seiring dengan proses menua. Kondisi ini dikenal dengan stenosis spinal. Penyempitan ini dapat menekan saraf tulang belakang sehingga timbul nyeri yang memburuk dengan aktivitas dan kadangkala menjalar ke lengan dan/atau tungkai. Kelemahan otot lengan dan tungkai bisa juga terjadi. Saat pemeriksaan, dokter akan menekan kepala dengan leher tegak atau miring. Bila terjadi penjalaran nyeri atau seperti tersengat arus listrik ke lengan, mengindikasikan adanya stenosis spinal pada tulang leher.

Penyebab Lain Sakit Leher Sebelah Kanan

  • Saraf kejepit leher¬†atau hernia nukleus pulposus servikal atau pinched nerve. Kondisi ini terjadi saat bantalan tulang menonjol keluar dan menjepit/menekan saraf tulang belakang. Meskipun beberapa kasus penyebabnya adalah cedera (seperti kecelakaan mobil atau cedera olahraga), namun kadang tanpa penyebab pasti.

Gejalanya meliputi: sakit leher sebelah kanan atau kiri; mati rasa, kesemutan, atau kelemahan otot pada tangan dan jari; sulit menggerakkan leher; nyeri menjalar ke bahu hingga lengan.

  • Osteoarthritis servikal atau peradangan, yang biasanya terjadi dengan proses degeneratif atau proses menua seseorang. Biasanya kondisi ini penyebab adanya masalah pada sendi facet. Gejala yang muncul antara lain nyeri pada salah satu sisi leher, nyerinya menjalar ke tulang belikat, sakit pada bagian belakang kepala dan nyeri memburuk saat pagi hari.

Penyebab Sakit Leher Sebelah Kanan Adalah

  • Perubahan degeneratif pada tulang leher (cervical degenerative disc disease). Nyeri akibat kondisi ini biasanya memburuk dengan aktivitas tertentu. Gejalanya yang muncul berupa leher kaku, nyeri menjalar dari leher, bahu dan lengan atas, nyeri hilang timbul dan memburuk dengan aktivitas tertentu.

  • Tumor pada leher, walaupun jarang, juga dapat menyebabkan sakit leher sebelah kanan. Untuk mengidentifikasi kondisi ini, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan radiologis seperti MRI, CT scan.

  • Spondilosis servikal yang penyebabnya adalah proses degeneratif, sama dengan osteoartritis leher akibat menipisnya lapisan tulang rawan pada ujung tulang. Kondisi ini menimbulkan tumbuhnya taji tulang (bone spurs) atau osteofit yang menimbulkan nyeri saat sendi bergerak. Terkadang nyeri dan kekakuan ini membaik dengan beristirahat. Nyerinya juga bisa menjalar ke bahu dan antara tulang belikat. Bila terjadi jepitan pada saraf, mati rasa/kebas dan kelemahan pada otot tangan juga bisa Anda alami.

Sesuai ICD 10 dan International Classification of Functioning, Disability, and Health (ICF) klasifikasi nyeri adalah nyeri leher dengan gangguan mobilisasi; nyeri leher dengan nyeri kepala; nyeri leher dengan gangguan kordinasi gerak; dan nyeri leher dengan nyeri yang menjalar.

Pemeriksaan dan Pengobatan

Pemeriksaan radiologis bisa berupa Rontgen, MRI dan CT scan.

Beberapa kasus sakit leher sebelah kanan akan sembuh dengan cepat dalam satu hari, sementara yang lain mungkin memerlukan beberapa minggu untuk sembuh sepenuhnya.

Pengobatannya dapat berupa:

  • mengonsumsi obat pereda nyeri berdasarkan resep dokter

  • menerapkan kompres panas atau hangat menggunakan bantalan pemanas, bak mandi, atau handuk hangat dan lembab

  • melakukan gerakan peregangan leher

  • mengurangi stres

  • kompres es

  • mempraktikkan postur yang baik saat duduk, berdiri, dan berjalan

  • tidur dengan posisi yang baik dengan menopang leher

  • melakukan latihan untuk membantu menjaga leher tetap kuat

Dokter juga akan mempertimbangkan beberapa pengobatan terkini namun bergantung pada penyebabnya berdasarkan temuan hasil radiologis. Pilihan pengobatannya dapat berupa injeksi steroid, radiofrekuensi ablasi, dan teknologi endoskopi servikal (percutaneous endoscopic cervical discectomy/PECD).

Hindari Sakit Leher Sebelah Kanan

Berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Posisikan kursi kerja sedemikian rupa, agar layar komputer setinggi mata

  2. Lakukan peregangan secara teratur bila Anda harus duduk lama baik saat bekerja maupun menyetir kendaraan

  3. Pertahankan postur tubuh tetap tegak, bisa dengan menggunakan bantal kecil pada pinggang sebagai penyangga tulang belakang

  4. Lakukan olahraga seperti pilates, yoga (sesuai dengan anjuran dokter)

Pantangan aktivitas, agar Anda tidak sakit leher sebelah kanan adalah: