Layanan Endoscopy PELD di Klinik Nyeri dan Tulang Belakang

Syaraf terjepit identik dengan operasi pembedahan (laminektomi). Selain resiko yang besar, waktu pemulihannya pun lama, kini ada metode lain yaitu Endoscopy PELD. Endoscopy PELD (Percutanous Endoscopy Lumbar Discectomy) yakni teknik operasi baru yang bersifat minimal invasive untuk pengobatan saraf terjepit akibat bantalan tulang (discus).

Teknik ini adalah salah satu teknik baru untuk operasi HNP Lumbal. Metode Endoscopy PELD menghilangkan rasa nyeri dengan cara mengambil bantalan tulang yang terjepit. Sayatan yang dilakukan sebesar 7 mm. Metode ini juga disebut juga dengan stitch less surgery karena tidak membutuhkan jahitan setelah prosedur tersebut dilakukan. Dari sekian banyak teknik di dunia ini, endoscopy merupakan teknik yang benar-benar invasive jika dibandingkan dengan teknik yang lain.

Teknik ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi pasien, khususnya bagi pasien yang takut dengan operasi, terindikasi operasi tapi ada faktor pemberat sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan anastesi umum dan pasien yang aktivitasnya sangat sibuk dan dinamis sehingga tidak bisa bedrest atau berlama-lama di rumah sakit dan beraktivitas.

Bebas Saraf Terjepit Tanpa Operasi Bedah

Apa keunggulan perawatan metode Endoscopy PELD?

  • Waktu pelaksanaan operasi sangat singkat, yakni hanya sekitar 30—60 menit.
  • Metode Endoscopy PELD dilakukan dengan local anastesy karena tidak dilakukan dengan sayatan yang lebar, yakni hanya menggunakan satu buah lubang berdiamater 7mm. Atau dilakukan dengan lokasi anastesi dengan sedasi ringan sehingga pasien dalam posisi tidur namun dengan pengawasan dokter anastesi.
  • Teknik Endoscopy PELD ini bersifat sangat minimally invasive karena tidak merusak struktur anatomi jaringan yang ada di sekitar syaraf, yakni otot, syaraf ligament, tendon, tulang, dan bantalan tulang.
  • Minimal pendarahan. Dalam endoscopy, alat yang digunakan hanya satu telescope lubang yang berdiamater 7mm, maka pendarahannya yang terjadi sangat minimal jika dibandingkan dengan operasi konvensional.
  • Tidak menyebabkan kerusakan otot. Otot merupakan bagian dari struktur penyangga pinggang dan tulang belakang. Karena itu, otot memiliki peranan penting, apabila otot dirusak dengan sayatan, maka akan berdampak ketidakstabilan penyangga.
  • Tidak memotong tulang. Dengan teknik endoscopy, masuknya approach yakni dari samping, sehingga tidak melewati tulang lamina dan tulangnya tidak diganggu atau dipotong.
  • Tidak memotong ligamen, karena masuknya approach dari samping maka tidak mengganggu dan merusak ligamen tumplafum dan ligament penting lain yang menyangga tulang.
  • Cepat pulih dan beraktivitas. Dengan teknik ini, biasanya pasien hanya memerlukan perawatan 1 malam. Esok harinya pasien bisa pulang. Dan aktivitas normal dapat dilakukan dalam beberapa hari kemudian.
  • Resiko kambuh kembali lebih kecil. Dengan metode Endoscopy PELD, stabilitas struktur jaringan di pinggang dan tulang belakang itu tidak diganggu sama sekali. Kekambuhan kembali terjadi karena terjadinya instability (keadaan tidak stabil karena teknik operasi yang dilakukan) pasca operasi konvensional.
  • Tidak menyebabkan perlengketan. Perlengketan biasanya terjadi jika terjadi pendarahan atau ada jaringan yang dipotong atau disayat. Pada proses penyembuhan sayatan atau operasi konvensional, sering muncul komplikasi lengket. Namun pada teknik endoscopy, tidak terjasi pelengketan karena tidak ada pendarahan akhibat perusakan jaringan dari sayatan.
  • Minimal terjadinya komplikasi lain, seperti infeksi, cidera, saraf, pendarahan, dll.

Berikut Video Testimoni Endoscopy PELD

Klinik Nyeri dan Tulang Belakang, Jakarta merupakan pusat pelayanan masalah nyeri dan tulang belakang, di Jakarta yang mengkolaborasikan beberapa bidang ilmu kedokteran yakni kedokteran fisik dan rehabilitasi, bedah saraf dan anastesi. Perpaduan ketiga bidang ini, menjadikan sebuah pelayanan kesehatan tulang belakang dan nyeri yang lebih baik, cepat dan mudah diakses masyarakat.

Jl. Warung Jati Barat No. 34, RT007/005, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-7919-6999

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Appointment Now